Install Theme

Sekali lagi tanya kode waffle, anda orang yang rasis!

Ketika pertama kali saya masuk ke #Vanshead motivasi saya diawal adalah untuk mencari informasi mengenai sepatu yang sudah sejak tahun 2010 saya kagumi dan saya kenakan. Informasi mengenai #vans saat itu hanya bisa didapat di situs-situs luar seperti www.kicksonfire.com  , solecollector , dan lain-lain. Semuanya berbahasa Inggris dan untuk saya yang bahasa Inggrisnya pas-pasan seperti dompet para pekerja keras Ibukota di tengah bulan maka saya haus sekali akan pengetahuan #vans yang setidaknya berbahasa Indonesia atau bahasa daerah pun boleh. Maka singkat cerita setelah melalui pertimbangan cukup berat maka masuklah saya ke kumpulan #Vanshead. Para #Vanshead yang terdiri dari seller dan buyer #vans ini memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai #vans dan mereka sendiri tidak pernah pelit berbagi pengetahuan mereka kepada yang masih awam, asalkan kita ga sotoy dan show off sih pastinya mereka dengan senang hati mau berdiskusi & berbagi pengetahuan mengenai #vans. Singkat kata kumpulan #Vanshead ini semakin besar dan semangat awalnya adalah berbagi pengetahuan kepada para #vanshead yang lain secara gratis, #vanshead disini yang menjadi fokus, macam quote terkenal dari opa Paul Van Doren

“It was never about waving around the brand like a flag. It was always about the people.” Paul Van Doren

Tenang saya hanya mengutipnya dari internet bukan bermaksud menunjukkan kemampuan bahasa Inggris saya yang membaik. Seiring dengan makin populernya brand #vans di Indonesia, terlebih mereka sudah membuka tiga toko resmi di GI, Kokas, dan Lotte Mart maka semakin bertambah banyak pecinta brand ini. Banyak yang senang dan banyak yang tidak, akan makin membludaknya penyuka brand ini. Bagi para hipster yang pada awalnya mengenakan #vans karena ke-eksklusifan dalam mendapatkannya sekarang bersungut-sungut karena disisi mereka berdiri para #newbie yang tadinya hanya memandang kagum kepada mereka sekarang memakai alas kaki yang sama. Itu sebagian saja dari pro dan kontra yang ada, saya tidak akan membahasnya lebih jauh.

Ketika pertama kali menulis di blog ini saya disemangati oleh tim sempak regional #Vanshead Jakarta yang meminta saya mengangkat isu kode waffle ini, saya sih curiga motivasi dibalik meminta saya menulis ini apa? Kenapa menjadi penting diangkat? Karena tema ini dipikir lumayan cukup mengganggu akhir-akhir ini. Banyak sekali pertanyaan yang muncul atau mention ke twitter @VansHeadID yang mengklaim followersnya mendekati sejuta, padahal sih sampai detik ini masih 2000-an followers saja, saya curiga adminnya sedikit lebay dan mesum dilihat dari twit-twitnya, well anyway kita kembali ke persoalan awal yaitu kode waffle. Seperti diketahui salah satu cara mendeteksi #vans kw dan original dilihat melalui kode wafflenya. Kode waffle atau kode produksi ini letaknya dibawah sol/tapak sepatu #vans. Menandakan dibuat di negara mana alas kaki #vans ini. Beberapa kode waffle dan asal dari negara mana saya kutip dari blog yg cukup bagus disini : Vans Original (Asli) vs Vans Fake (KW/Palsu) via Sonher

“Setiap sepatu Vans Original pasti ada code produksinya dibawah sol/tapaknya dibawah seperti DT (China), EVB (Vietnam), SJV (Vietnam), IFC (China), HF (China), SHC(China), ZDC (China), SXC (China), EHC (China), GSI (Indonesia) atau code lainnya dan sama dengan box nya.”

Saya tambahkan kemudian ada juga kode  waffle PA (made in thailand) & kode waffle J (made in philipina) . Jika ada tambahan kemudian bisa diinfokan ke saya untuk memperbaiki tulisan yang tidak sempurna ini *salimpembacabudiman . Seperti kita ketahui #vans fake atau kw juga mencantumkan kode waffle di bawah sol nya, dan itu menjadi persoalan yang dibahas disini. Sering sekali saya mendapatkan cerita dari para seller #vans bahwa calon buyer cerewet sekali menanyakan kode waffel ini. Beberapa pertanyaan yang cukup mengganggu contohnya :

Contoh 1 :

Calon Buyer : Gan , mau beli old skoll bw nya dong, ori kan ?

Seller : Ori gan, santai aja ane angkut dari #vans store resmi Jakarta.

Calon Buyer : Kode wafflenya apa gan ? Saya taunya GSI belum ada kawenya , kode wafflenya GSI ga gan ?

Seller : Bukan gan, ini kode wafflenya HF.

Calon Buyer : Wah ga jadi gan, kw itu.

Seller : ……. (memaki dalam hati  anj*** ta* kuc*** bab* ) …  kemudian menjawab : oke gan cek lapak lain aja.

Contoh 2 :

Calon Buyer : Siang gan apa bener ini kontaknya @KancoetStore yang buka PO era Suicidal Tendencies ?

Seller : Iyes betul gan, ane ownernya #KancoetStore , agan mau PO era Suicidal Tendencies ? Harganya tapi ga normal ya gan , jangan kaya #newbie dikasih tau harganya berapa langsung protes kemahalan, kalau mau order sendiri aja ke US sana.

Calon Buyer :  Tenang gan, ane abis dapet gusuran di Bekasi, ente pasang harga berapa aja ane jabanin sini.

Seller : Oke gan harganya Rp 2,8**,*** . DP 50 % dulu ya.

Calon Buyer : Oke gan, minta no rek. Tapi itu kode wafflenya apa ya ?

Seller : Wah mana ane tau gan, kan ane orderin mana ketauan kode wafflenya apa gan, ori kok yang pasti cek aja reputasi saya

Calon Buyer :  Wah saya takut dapet barang kw mas, apalagi kalau kode wafflenya HF , banyak kw nya.

Seller : (masih sabar )…..tenang aja bro original kok dijamin :)

Calon Buyer : ah gausah deh mas , saya takut kena barang Fake.

Seller : Oke mas cek lapak lain aja.

Contoh 3 :

Calon Vanshead : Gan maaf ni newbie baru, kode waffle yang bagus apa ya gan ? Saya denger IFC jelek ya gan ?

Vanshead : Bukannya sama aja ya ?

Calon Vanshead : Bukan gan kata temen saya yang paling bagus GSI karena made in Indonesia , kita kan harus support produk lokal

Vanshead : Okesip ….. (iya apa kata lo dah).

Saya mengerti kekhawatiran para calon buyer yang mempertanyakan kode waffle cuman yaelah bro ampe segitunya amat ya sama kode waffle ? Kode waffle bagi beberapa calon buyer seperti menjadi faktor esensial baru dalam melihat barang ori vs kw dibanding yang lain. Ya kali barang dari store resmi ditanyakan kode wafflenya ? Ya kali PO dari seller reputasi sudah bagus masih iya nanya kode waffle ? Jikalau kode waffle HF yang dianggap banyak kw saat itu lalu kalian semua anti sama kode waffle HF ? Kalau begitu semua koleksi collabs teman saya bernama Ancha Balrog (diambil dari sosok Iblis di Lord of The Ring) yang kodenya HF semua lalu itu kw ? Nangis bombay teman saya yang julukannya seram itu.

Kode Waffle di Sol #vans

Kode Waffle di Sol #vans

Kenapa kemudian judul tulisan diatas saya mengatakan yang nanya kode waffle itu orang rasis ? Karena kelakuannya sudah seperti orang rasis buat saya. Rasis dalam artinya di Internet : “rasis itu adalah pembedaan sikap dan perlakuan terhadap kelompok masyarakat tertentu karena perbedaan.” Orang-orang yang menanyakan kode waffle dan ribet dengan hal itu masuk ke golongan orang rasis karena mereka telah membedakan sikap dan perlakuan mereka terhadap kode waffle tertentu. Kode waffle itu menurut pengetahuan saya adalah penanda di pabrik negara mana #vans tersebut dibuat. CMIIW. Saya yakin sekali di setiap pabrik #vans di negara manapun sudah ada standar kualitas yang memenuhi permintaan #vans tersebut. Jadi ente mau beli kode waffle mana aja mah sama atuh. Sepanjang itu barang dari store resmi #vans atau dari sumber dan seller terpercaya yakinlah #vans yang anda terima itu original dan bagus kualitasnya. Memang anda mau seperti merk sebelah yang diawali huruf “N” yang membedakan harga sepatu releaseannya tergantung itu sepatu made in dimana? Yang benar saja lebih baik uangnya saya ajak sempak team berwisata ke Classix.

Wear Original Vans , Stay True To Yourself